Rabu, 24 November 2010

Sambal Kecap Pilihan Ibu Rumah Tangga


Ketika mengunjungi rumah Bu Ade (46) di Kawasan Soekarno Hatta, Komplek Sanggar Hurip, Bandung, ada satu jenis sambal  yang bisa menjadi sahabat jika hendak makan. Kecap dengan campuran cabai hijau ini lah yang disajikan ketika kunjungan hari Selasa 23 November, pagi kemarin.

Tumbukan cabai hijau yang yang dilumuri kecap ini sering juga disebut Sambal Kecap. Sambal kecap ini terbuat dari tumbukan cabai yang di remuk tidak merata, ditambah sedikit garam, dan bahan yang paling dominan, kecap. Cabai yang digunakan untuk sambal kecap ini dapat berasal dari cabai apapun. Cabai merah bisa, cabai hijau, sampai cabai kecil atau cengek bisa jadi bahan untuk sambel kecap ini.


Menurut Bu Ade, sambal kecap ini sangat cocok untuk menemani santapan makan pagi ataupun siang, apalagi jika dihidangkan bersamaan dengan makanan lain seperti telur atau goreng ikan.  "Sambal kecap itu enak banget kalau disiram ke telur, atau dicocol pas lagi makan ikan. Rasanya pasti enak" begitu jelasnya, mantap. Cara pembuatan sambal kecap yang mudah, membuat para ibu rumah tangga senang membuat sambal kecap ini sebagai santapan keluarganya, "Karena bikinnya gampang, dan kebetulan keluarga saya juga suka, ya udah bikin sambal kecap saja kalau sedang tak ada saus" tegas Bu Ade. (Adhie Fahmi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar